Hati yang Merindukan ALLAH

Minggu, 12 Juli 2009

By. Ibu Susan

Kapan terakhir kita berdoa & menangis karena kita benar2 ingin bersama dengan Tuhan? Seperti rusa yang rindu akan air? Kapan terakhir kali kita merasa berat karena kita begitu merindukan Tuhan?

ULANGAN 8:2-6

2.Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak.3.    Jadi Ia merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, yang tidak kaukenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN.4. Pakaianmu tidaklah menjadi buruk di tubuhmu dan kakimu tidaklah menjadi bengkak selama empat puluh tahun ini.5. Maka haruslah engkau insaf, bahwa TUHAN, Allahmu, mengajari engkau seperti seseorang mengajari anaknya.6. Oleh sebab itu haruslah engkau berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan dengan takut akan Dia.

Manusia bukan hidup dari roti saja tapi manusia juga hidup dari ucapan Allah. Manusia membutuhkan makanan, tapi segala makanan itu tidak dapat mengenyangkan roh kita. Oleh karena itu : carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Ini merupakan sebuah perkataan bahwa kita tidak bisa hidup hanya dari roti saja tapi dari Firman Tuhan. Inilah satu2nya makanan yang dapat mengenyangkan akan pikiran kita, roh kita, batin kita, perasaan kita, yang nantinya akan membawa kita ke surga. Tubuh kita tidak akan membawa kita ke surga.

Firman Tuhan akan membawa kita untuk hidup selama2nya ” ini merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi.

Pikiran manusia hrs diisi dengan FT, kalo kita tidak mengisinya maka iblis akan mengisi dengan kekuatiran akan roti, akan kebutuhan hidup dll, sehingga kita ada dalam tekanan, maka akan membuat kita tidak bisa naik terbang tinggi. Namun sebaliknya jika kita mengisi pikiran kita dengan FT maka kita akan naik terbang tinggi seperti rajawali, kita akan terbang tinggi bersama dengan Tuhan.

Bangsa Israel hidup bersama dengan Allah, tetapi mengapa Allah menasehati seperti itu? (Ulangan) karena manusia seringkali lupa dengan apa yang telah Allah perbuat.

Allah ingin mengubah kita untuk selalu memiliki pikiran yang merindukan Allah. Demikian pula Allah mengharapkan Firman itu melekat dalah hidup kita.

Maka kita akan merasa berat karena begitu sangat ingin pulang. Kalau kita memiliki hati yang biasa2, datar, maka ketika Tuhan Yesus datang kita akan terkejut dan kita tidak akan diangkat bersama dengan Tuhan.

Jika kita sebagai HT memiliki hati yang rindu seperti rusa rindu akan air, penuh belas kasihan, tersentuh oleh kenaikan2 Tuhan maka itu semua akan dicatat dan akan hidup bersama dengan Tuhan.

Berapa banyak hal2 lain yang mengisi hati kita? Apakah hati kita masih mengasihi Tuhan dan melihat apa yang Tuhan kerjakan?

Yesus selalu ingin berkata kepada kita lebih daripada kita mengingini roti. Firman-Nya ingin mengisi hati kita sehingga kita begitu sensitive terhadap Dia. Apakah kita merindukan Firman-Nya?

40 tahun bangsa Israel ada dalam perjalanan mujizat. Demikian pula dengan kita, bertahun2 ada dalam perjalanan mujizat bersama dengan Tuhan, berubahkan hati kita kepada Tuhan?

Apakah kita seperti Kaleb yang merindukan untuk masuk ke negri yang dijanjikan?

Apakah kita masih menantikan Tuhan?

Apakah kita masih merindukan Tuhan seperti pengawal rindukan datangnya pagi?

Semua pelayanan akan tetap berlangsung, tetapi sebuah hati harus tetap diisi oleh Firman Tuhan. Tetapi apakah Firman Tuhan masih sanggup menyentuh perasaan kita yang paling dalam?

Apakah FT menjadi segala2nya dalam kehidupan kita?

Ketika pertama kali kita mengenal Tuhan maka kita merasa ingin betul2 mengikut Tuhan. Dimana Tuhan menjadi segala2nya. Namun berlangsungnya waktu iblis mencuri hal itu ” pelihara hati.

Didalam hadirat yang luar biasa bersama dengan Yesus, Yudas bisa melakukan kejahatan. Bangsa Israel yang tiap2 hari melihat mujizat masih saja memberontak. Oleh karena itu pelihara hati, jadikan FT menjadi segala2nya dalam kehidupan kita. Sehingga kita merasa berat bukan karena suatu permasalahan tetapi berat karena merindukan Tuhan Yesus, hal ini harus mengisi hati  dan pikiran kita.

Mengapa R.Paulus sangat berani menghadapi segala tantangan yang begitu berat? Karena dia cinta kepada Tuhan. Dia berani karena suatu kerinduan untk hidup bersama dengan Tuhan.

Berapa lama kita hidup kering dan kosong?

1 PETRUS 2:9

Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

ULANGAN 7:6

Sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu; engkaulah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala bangsa di atas muka bumi untuk menjadi umat kesayangan-Nya.

Kita adalah Israel perjanjian baru, mengapa perkataan itu begitu penting, sebab Tuhan ingin perkataannya masuk seperti roti yang masuk kedalam tubuh kita. Betapa Allah yang menciptakan kita ingin masuk bukan saja sebagai Juruselamat, tetapi sebagai sahabat & seseorang yang terpenting dalam kehidupan kita.

Sesungguhnya FT berisi hanya antara Kau & aku (Allah dan kita). Ketika hati kita melekat pada Tuhan maka iblis tidak dapat menyentuh kita, sebab hati kita dengan hati Allah berpadu.

ROMA 8:29

Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

Allah memilih kita menjadi serupa dengan gambarNya, dalam hal apakah kesamaan itu? Dalam Roh kita, dalam Firman yang hidup didalam kita.

Jagalah hati ” memancarkan kehidupan Kristus

Dia tidak mau kita digantikan oleh apapun juga, walaupun Dia sanggup melenyapkan kita semua, tetapi tidak demikian dilakukanNya. Mungkin kita pernah jatuh karena sebuah roti tapi Yesus mengkangkat kita kembali dan kita memandang Yesus kembali.

Jangan lupakan Tuhan ketika semuanya baik2 saja, ingat! Pencobaan datang ketika semua dalam keadaan baik2 saja.

Seperti kejadian ketika Hawa jatuh ke dalam dosa, disitu tidak sedang terjadi peperangan, atau sumber air tidak sedang kering, mereka dalam keadaan tidak kekurangan, semua ada dalam kondisi yang baik, tumbuh2an tumbuh dengan sangat baik, bahkan ada Allah bersama dengan mereka.

Mengapa pada waktu itu iblis datang dalam rupa ular?

Maka disitulah iblis mulai menggerogoti kita, dia begitu licik. Dalam rupa apakah iblis datang dalam kehidupan kita? Dalam rupa pekerjaan, suami/istri, harta kekayaan, anak, dia bisa datang dalam rupa apa saja dalam kehidupan kita. Mari selidiki hati…..

Apakah kekayaan, suami/istri, anak, orang tua, pekerjaan bukan pemberian Allah? Tetapi mengapa datang dalam rupa itu?

Iblis mungkin berkata kepada kita :  “Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?”, “Sekali-kali kamu tidak akan mati, ……

Terjadi sebuah percakapan yang licik – ditembakan pada pikiran Hawa. Semua yang pertama dilakukan adalah dengan kutipan dari perkataan Allah. Hawa adalah orang yang tahu perkataan Allah. Ular ada dalam kekuasaan Allah, tapi dapat dipakai untuk mempengaruhi kita. Jadi sesungguhnya semua pemberian Allah ada dalam kekuasaan kita, tetapi mengapa bisa berbalik?

Karena ketika semua dalam keadaan tenang, maka hatinya menjadi tidak berpaut kepada Allah. Jika hati Hawa berpaut pada Allah maka Hawa pasti tahu bahwa perkataan itu salah.

Hawa tidak ada dalam kondisi yang berdoa & menyembah Tuhan.

Demikian pula dengan hal tidur . Ketika Tuhan Yesus berdoa maka murid2 tidur dan mereka menjadi lemah. Kita tidur dalam sikap roh yang berjaga2. Sebelum kita tidur kita berdoa sebab iblis mencuri pada waktu kita tiadk berjaga2. Mengapa kita jatuh? Krn hati yang tidak berjaga2.

ULANGAN 8:12-14

12.dan supaya, apabila engkau sudah makan dan kenyang, mendirikan rumah-rumah yang baik serta mendiaminya, 13.dan apabila lembu sapimu dan kambing dombamu bertambah banyak dan emas serta perakmu bertambah banyak, dan segala yang ada padamu bertambah banyak,14. jangan engkau tinggi hati, sehingga engkau melupakan TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan,

HOSEA 13:4-6

4.Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan tidak ada juruselamat selain dari Aku.5. Akulah yang mengenal engkau di padang gurun, di tanah yang gersang.6. Ketika mereka makan rumput, maka mereka kenyang; setelah mereka kenyang, maka hati mereka meninggi; itulah sebabnya mereka melupakan Aku.

Ketika semuanya baik, ketika kita menyebut diri kita pendeta atau evangelist  _Jangan kamu melupakan Aku!

Bahkan ketika kita pelayanan dengan begitu hebat, luar biasa _ Jangan kamu melupakan Aku!

Miliki hati yang merindukan Tuhan siang dan malam, maka kita akan menjadi kuat, berapi2 karena cinta lebih kuat dari maut sekalipun. Sehingga ketika kita kaya, diberkati, diberikan suami/istri/anak yang baik maka kita tidak akan kehilangan cinta kepada Tuhan.

Tuhan mengorbankan diriNya untuk kita karena cinta kepada kita. Inilah bahasa cinta. Dia menganggap kita begitu berharga, maukah kita menganggap Dia lebih berharga dari apapun juga?

Berikan yang terbaik kepada Tuhan yaitu hati kita.

MAZMUR 119:16

Aku akan bergemar dalam ketetapan-ketetapan-Mu; firman-Mu tidak akan kulupakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: